Mobil Anda Mengalami Overheating? Lakukan Beberapa Hal Berikut!

Kendala dalam mengemudi yang paling sering terjadi adalah mesin mengalami overheating. Ketika mesin kendaraan anda mengalami hal tersebut, jangan panik. Sebab, kondisi ini memang kerap dialami mesin ketika sudah lama digunakan mengemudi untuk jarak jauh maupun memaksakan mesin kendaraan untuk digunakan lama. Ada baiknya anda mengistirahatkan mesin kendaraan anda sejenak sebelum digunakan kembali untuk mengemudi. Sebab itu, beristirahat sejenak di rest area menjadi opsi terbaik untuk menghindari kendaraan overheating.

Mesin mobil ketika melakukan tugasnya akan mengalami beberapa gesekan karena pergerakan kendaraan saat digunakan mengemudi. Hal ini menjadi pemicu mesin mobil mudah panas. Sebab itu dalam setiap series kendaraan yang diproduksi akan dilengkapi dengan coolant untuk mendinginkan mesin mobil. Jika coolant kendaraan anda bekerja dengan baik maka masalah overheating dapat anda hindari. Namun, dalam beberapa kasus hal tersebut tidak terelakkan.

Ada beberapa penyebab kegiatan mengemudi anda menyebabkan kendaraan anda mengalami overheating meskipun memiliki sistem pendingin, yakni :

  1. Kebocoran pada sistem pendingin mesin
  2. Kipas pada radiator tidak berfungsi optimal
  3. Thermostat pada kendaraan mengalami kerusakan
  4. Radiator pada kendaraan bermasalah
  5. Oli dalam mesin memerlukan pergantian

Beberapa permasalahan diatas kerap dialami mesin ketika mengalami overheating. Dimana hal tersebut disebabkan karena pemilik kendaraan jarang melakukan kegiatan service Toyota rutin. Kegiatan service Toyota yang diabaikan akan berdampak kepada kualitas mesin kendaraan. Ada beberapa mesin yang harusnya mengalami pergantian maupun perawatan namun harus tertunda karena kegiatan service Toyota yang dilakukan semestinya tidak dijalankan.

Keadaan overheating yang dibiarkan begitu saja selama berkendara akan membahayakan keselamatan anda. Dimana ada kemungkinan rem menjadi blong saat mesin mengalami kondisi tersebut. Sehingga memastikan mesin kendaraan anda benar – benar optimal sebelum digunakan merupakan kegiatan yang penting. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan service Toyota secara berkala ketika waktunya maupun sebelum kendaraan melakukan perjalanan jauh.

Kegiatan service Toyota yang ideal dilakukan setiap 6 bulan sekali ataupun dilakukan 10.000 km sekali. Dimana dapat dilakukan mana yang terlebih dahulu terlampaui. Dalam jarak tersebut, ada beberapa part kendaraan yang membutuhkan kegiatan pergantian maupun perbaikan. Sehingga penting melakukan kegiatan service Toyota rutin untuk keselamatan penggunaan kendaraan anda. Bahkan anda bisa set reminder anda sebelum melakukan kegiatan service Toyota tersebut.

Apabila anda mengalami kondisi overheating kendaraan, ada beberapa kegiatan esensial yang perlu anda pahami. Berikut merupakan beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengatasi kendaraan overheating di jalanan :

  1. Mematikan penggunaan AC kendaraan
  2. Meminggirkan kendaraan dan mematikan mesin kendaraan
  3. Membuka kap kendaraan untuk sementara waktu
  4. Memeriksa radiator kendaraan setelah beberapa saat
  5. Memeriksa oli kendaraan anda

Beberapa kegiatan diatas merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengatasi sementara permasalahan kendaraan anda. Dimana anda tidak perlu panik dalam menghadapi kondisi ini. Setelah mesin kendaraan dingin, dan semua hal yang memerlukan kegiatan checking sudah dilakukan maka anda dapat menjalankan kembali kendaraan anda. Namun, ada baiknya anda membawa kendaraan anda untuk checking melalui Toyota home servis terdekat. Kegiatan ini dilakukan untuk mendiagnosa kendaraan anda dengan benar dan melihat kerusakan kendaraan anda untuk segera diatasi.

Toyota sendiri memiliki cabang untuk Toyota Home Service hampir diseluruh wilayah Indonesia. Dimana hal ini memudahkan anda dalam melakukan perjalanan jauh. Sebab, anda dapat mengunjungi lokasi Toyota Home Service dengan cepat dan mudah. Terutama jika terjadi masalah mesin kendaraan tersebut. Dengan begitu anda akan berkendara dengan nyaman dan aman. Apabila anda mengalami kemacetan di jalanan karena kegiatan overheating maka anda dapat menggunakan layanan derek kendaraan.

Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan sebelum perjalanan yang dilakukan dan mengurangi resiko overheating kendaraan :

  1. Melakukan service melalui bengkel Toyota
  2. Melakukan kegiatan checking ban kendaraan
  3. Melakukan checking fitur yang ada dalam kendaraan
  4. Checking seluruh komponen dalam kendaraan dan mesin kendaraan
  5. Membawa perlengkapan pendukung untuk kejadian tidak terduga

Kegiatan – kegiatan diatas dapat menunjang keselamatan anda berkendara dan kenyamanan perjalanan anda. Terlebih dengan begitu anda dapat mengurangi resiko terjadinya overheating.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *